Wednesday, January 6, 2010

Tips Menghilangkan Bau Rokok di Mobil

Tips Menghilangkan Bau Rokok di Mobil

Cara paling ampuh adalah jangan pernah merokok dan/atau membolehkan penumpang lain merokok di dalam mobil. Yang paling baik tentunya adalah tidak merokok dimanapun.

Tetapi untuk kasus mobil second, mobil kantor, dll, tips-tips berikut mungkin dapat membantu :

Cuka
Tuangkan cuka dalam sebuah wadah kemudian diamkan kurang lebih semalaman dalam mobil. Keesokan harinya, bau rokok pasti sudah berkurang.

Kulit Jeruk
Tinggalkan beberapa lembar kulit jeruk dalam mobil kita dan biarkan selama beberapa hari sampai kulit jeruk tersebut mengering baru dibuang. Bau pasti telah berkurang bahkan hilang.

Baking Soda
Bahan yang satu ini memang dapat menghilangkan berbagai macam bau dikarenakan sifatnya yang dapat menyerap berbagai jenis bau. Sebelum menyebar baking soda, coba tuangkan sedikit pada permukaan yang akan disebar untuk memastikan tidak ada efek yang disebabkan oleh bahan kimia yang terkandung dalam baking soda. Sebarkan secara merata pada daerah dalam mobil yang terasa paling menyengat bau rokoknya dan tinggalkan selama beberapa jam. Setelah itu, bersihkan baking soda dengan menggunakan vacuum cleaner sampai bersih.

Bubuk Kopi
Jangan menyebar bubuk kopi secara langsung, karena dapat meninggalkan noda. Tetapi masukkan bubuk kopi dalam kantung kecil seperti teh celup kemudian gantungkn pada tempat yang berbau asap rokok.

Arang
Letakkan beberapa potong dalam sebuah mangkok dan biarkan selama beberapa hari.

Kapur Barus
Sebarkan di beberapa titik di dalam mobil.

Odor Eliminator
Berbagai merek/produk di pasaran (seperti Astonish, dll.). Tinggal semprot ke karpet, plafon, jok (kalo masih kain), dan bahan kain lainnya yang ada dalam mobil.

Produk air purifier
Sekarang banyak terdapat di pasaran dengan berbagai macam jenis untuk menetralkan aroma (ionizer) dalam mobil.

Sirkulasi Udara
Ketika mobil tidak sedang digunakan, buka pintu dan jendela selebar mungkin selama beberapa lama agar sirkulasi pergantian udara dalam mobil lancar dan mendapat sinar matahari.

Pembersihan Interior, AC, dan Saluran Udara
Bila bau rokok masih belum juga hilang, bersihkan secara keseluruhan bagian dalam mobil karena asap rokok biasa meninggalkan residu/zat sisa pada permukaan interior mobil yang apabila terkena panas dapat menimbulkan bau. Jangan lupa bersihkan pula AC (kalau perlu ganti Cabin Filter) dan saluran udara. Sebelum membersihkan, gunakan vacuum cleaner untuk menyedot bau rokok sebersih mungkin dari semua bagian dalam interior mobil seperti karpet, jok, headrest dan lain-lain.


No comments:

Post a Comment

Komentar Anda mengenai artikel ini :

Post a Comment